science comic

Pada zaman sekarang banyak anak-anak yang tidak dapat menyerap mata pelajaran tertentu, hal itu dimanfaaykan oleh perusahaan percetakan untuk mengemasnya dalam bentuk komik berseries. Contohnya “Science Comic“, dalam comic ini bukan menceritakan tentang persahabatan atau percintaan yang sedang dialami oleh remaja. Tetapi menceritakan tentang tanaman.

Begini ceritanya di suatu sekolah libur musim panas telah tiba, semua murid menyambutnya dengan gembira. Tetapi sebelum itu, pak guru memberi tugas agar membawa langsung tanaman yang dapat diperoleh dari ladang atau gunung. untuk dibawa ke sekolah selesai hari libur mereka Mendengar hal itu murid-murid mengeluh akan hal tersebut karena merasa keberatan akan mengganggu hari libur mereka. Ada salah satu murid yang bernama Jack mempunyai paman yang bernama Smith yang tinggal di kampung dan mempunyai kebun kecil. Ia bermaksud untuk berkunjung ke sana dan ia mengajak kedua temannya yang bernama Coky dan Lidya.

Sesampainya di kampung mereka disambut gembira dengan paman Smith. Kemudian mereka dipersilakan masuk ke dalam kebun kecil milik paman Smith. Di kebun trsebut mestipun berukuran kecil tetapi terdapat banyak sekali berbagai jenis tanaman dan terdapat udara yang sejuk. Kedua teman Jack yaitu Coky dan Lidya terkagum-kagum melihat keindahan dan kesejukan tersebut karena hal seperi ini jarang ditemukan di rumah mereka yang terletak di kota.

Lidya bertanya pada paman Smith, “Apa yang sedang paman teliti ?”. Paman Smith, “Paman khusus meneliti gen padi.”. Lidya, “Apa padi juga punya gen?”. Pamna Smith, “Pastinya, kurang lebih ada empat ribu gen padi. Banyaknya gen ini membuat kualitas butir padinya akan berbeda-beda. Itulah yang membedakan yang bernama padi super.”. Lidya, Kalo begitu apa nanti butir bersnya juga akan lebih banyak?”. Paman Smith, “Tentu, Kalian juga pernah mendengar tentang jagung super? Satu lagi, kentang super. Oh iya ada juga labu super yang sedang dikembangkan di beberapa negara di duniaini.”. Coky, “Uwaaa! Paman sedang meneliti hal penting rupanya.”. Paman Smith, “Ah, bisa saja!”. Coky, “Tapi ngomong-ngomong gen itu apa sich paman?”. Paman Smith, “Ya, ampun! Bagi manusia, nenek moyang kita menurunkan bentuk tubuh dan sifat kedapa cucunya. Inilah yang disebut keturunan. Faktor pembawa sifat keturunan sifat adalah gen. Memulai sel gamet/sel kelamin, orang tua bisa menyampaikan informasi genetik pada anak-anaknya kelak. Di Amerika memulai pangaturan gen mereka berhasil menggandakan daun bunga arabidopsis thaliana dari 4 buah menjadi puluhan. Di nagara kita juga sudah berhasil menggandakan daun bunga lili dari 6 daun bunga menjadi 12. Pengaturan gen tumbuhan ini bukan saja menjadi hal yang menarik, tapi juga mengejutka.”.

Cerita di atas adalah salah satu contoh “Science Comic” dan masih banyak lagi series-series dari komik ini, tetapi di Indonesia komik seperti ini harganya masih di atas Rp50.000,oo  dan ini terdapat dikalangan ekonomi menengah ke atas. Ini merupakan sarana untuk belajar dan dapat memahami mata pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: